Sabtu, 09 Juli 2011

Ragapadmi

Permaisuri Tersia-Sia

Pada saat Kerajaan Majapahit sedang mengalami masa kejayaannya, pengaruh keberadaan kerajaan yang terletak di Kabupaten Mojokerto itu terekam di Sampang. Ini bisa dilihat dari ditemukannya Candra Sangkala di situs Pangeran Bangsacara Takobuh, Kelurahan Polagan Sampang. Candra Sangkala tersebut, berupa angka 1305 tahun Caka atau 1383 M, yang terpahat di sebuah batu berukir. Angka tersebut menandakan tahun berdirinya sebuah candi Budha dengan relief rangkaian cerita Bangsacara-Ragapadmi. Isinya sarat dengan pesan-pesan pendidikan moral dan agamaa

Menurut cerita, tersebutlah kisah seorang raja yang bernama Bidarba. Ia mempunyai seorang permaisuri yang bernama Ragapadmi. Mereka tinggal di istana yang megah di Pulau Madura.

Selain memiliki istana megah itu, raja Bidarba memiliki banyak pembantu. Salah satu pembantu setianya bernama Bangsacara. Sementara patih raja bernama Bangsapati. Orang yang disebutterakhir ini sangat iri kepada Bangsacara karena raja selalu memberikan berbagai tugas penting kepada Bangsacara.

Suatu hari, Ragapadmi, menderita penyakit kulit yang sangat menyedihkan. Dari kulit yang berpenyakit itu keluar bau yang tidak sedap. Raja pun sangat khawatir. Raja lalu mengundang banyak orang akhli untuk mengeobatinya namun tidak satu pun mampu menyembuhkannya.

Entah apa alasannya, Patih Bangsapati yang iri hati kepada Bangsacara itu, mengusulkan kepada rajanya agar Bangsacara disuruh membawa dan memelihara Ragapadmi di rumahnya di desa untuk sementara. Mungkin dengan cara ini dua hal sekaligus dapat dilakukan, yaitu terusirnya Bangsacara dari dekat Raja dan selesainya (untuk sementara) persoalan Ragapadmi. Raja setuju dengan usul Bangsapati ini lantas menyerahkan Ragapadmi kepada Bangsacara untuk dibawa pergi.

Sesampai di desanya, Bangsacara meminta ibunya untuk memelihara Ragapadmi. Ibu Bangsacara lalu merawat dengan seksama Permaisuri yang cantik namun berpenyakit kulit ini. Beberapa waktu sebelumnya, secara kebetulan, ibu Bangsacara menemukan minyak dari campuran daun dan bunga yang baunya sangat harum. Dengan minyak inilah sang ibu setiap hari sambil berdoa memandikan sang permaisuri. Sementara itu Bangsacara bekerja di tempat lain, namun tidak di istana, untuk mengisi waktunya setelah ia “diusir” dari istana oleh Bangsapati. Hanya sekali-kali ia menghadap ke istana untuk urusan pekerjaan tanpa menyebut-nyebut Ragapadmi.

Usaha ibu Bangsacara ternyata memberikan hasil. Setiap habis mandi dengan menggunakan minyak itu, Ragapadmi terlihat sembuh dan makin kelihatan cantik. Akhirnya Ragapadmi benar-benar sembuh.

Bangsacara yang datang setelah beberapa bulan tidak pulang ke rumahnya sangat takjub melihat Ragapadmi yang benar-benar sembuh dan menjadi sangat cantik. Lebih cantik dari sebelumnya.

Bangsacara berkata kepada Ragapadmi : “Permaisuri menjadi sangat cantik lagi sekarang. Hamba harus membawa Permaisuri kembali ke istana. Baginda tentu akan senang Permaisuri datang kembali ke sana”. Tanpa dinyana, Ragapadmi justru menjawab : “ Tidak, Baginda telah memberikan aku kepadamu dan aku ingin engkau kawini sebagai isterimu”.

Mungkin selama ini tanpa disadari, Bangsacara telah jatuh hati kepada Ragapadmi walaupun dipendamnya mengingat Ragapadmi dianggapnya masih berstatus sebagai isteri rajanya. Namun dengan jawaban Ragapadmi seperti itu keraguannya mencair. Akhirnya keduanya lalu menikah dan hidup bahagia di desa Bangsacara.

Karena Bangsacara lama tidak menghadap, Raja yang menjadi khawatir lantas mengutus Bangsapati ke rumah Bangsacara. Bangsapati terkejut melihat Ragapadmi yang telah cantik kembali. Lebih terkejut lagi ketika mengetahui bahwa Bangsacara telah menikah dengan Ragapadmi.

Bangsapati lalu kembali ke istana dan melaporkan bahwa Ragapadmi telah sembuh dan harus menjadi permaisuri lagi karena telah cantik kembali walaupun saat ni telah menjadi isteri Bangsacara.

Raja terpana mendengar cerita itu. Terbayang padanya mantan isterinya yang sangat cantik itu. Setelah berpikir sejenak, akhirnya Raja berkata agar Bangsapati mencari cara agar Ragapadmi bisa dibawa pulang ke istana untuk dinikahinya kembali.

Bangsapati yang panjang akal itu datang kembali ke rumah Bangsacara. Dikatakan oleh Bangsapati bahwa Raja memerintahkan Bangsacara memburu rusa di Pulau Mandangin untuk dihaturkan kepada Raja.

Saat Bangsacara pamit, isterinya, berkata bahwa ia tak mengizinkan suaminya pergi karena ia bermimpi buruk berkenaan dengan kepergian suaminya. Namun suaminya menghibur agar isterinya tidak khawatir karena ia terbiasa pergi beburu rusa di pulau tersebut. Bangsacara juga menyatakan bahwa ia akan membawa anjing kesayangan mereka untuk membantunya.

Bangsacara dan anjingnya lalu berenang menyeberangi selat kecil untuk mencapai pulau kecil tersebut. Di sana Bangsacara dibantu anjingnya berhasil mendapatkan banyak rusa. Saat hendak menyeberang untuk kembali pulang, Bangsacara ditemui Bangsapati yang menyatakan bahwa ia membawa perintah baru dari raja. Perintah itu adalah membunuh Bangsacara dan membawa pulang Ragapadmi ke istana. Bangsapati lalu membunuh Bangsacara dengan kerisnya. Saat menjelang tewas, Bangsacara berkata bahwa Ragapadmi akan selalu mengingatnya.

Melihat tuannya tewas, anjing setia lalu berenang sendirian menyeberangi selat dan pulang kembali ke rumah. Mendengar anjingnya pulang dan terus-menerus menyalak, Ragapadmi mendapat firasat bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Dengan membawa kerisnya, ia membuntuti anjing itu, yang pergi lagi menuju pulau Mandangin.

Demikianlah dengan berbekal nekad, akhirnya Ragapadmi – bersama sang anjing – sampai di Pulau Mandangin. Sungguh terpukul hatinya melihat Bangsacara terkapar tewas bermandikan darah. Dalam kesedihan yang luar biasa, Ragapadmi berteriak histeris menyebut-nyebut nama Bangsacara. Tidak kuasa menahan beban derita, Ragapadmi lalu membunuh diri dengan kerisnya.

Berita tentang tewasnya Ragapadmi akhirnya sampai ke telinga Raja Bidarba. Ia pun lalu memecat dan mengusir Bangsapati. Raja sangat sedih karena kedua orang yang dicintainya, Bangsacara dan Ragapadmi, telah tewas.

Sampai saat ini masih banyak orang yang sengaja datang ke Pulau Mandangin, ke tempat di mana Bangsacara, Ragapadmi dan anjingya dikuburkan.

Kisah tentang Bangsacara dan Ragapadmi sangat terkenal. Kisah mereka adalah simbol dari cinta sejati antara suami dengan isterinya. Di dalamnya juga tergambar kisah tentang kesetiaan. Kesetiaan isteri kepada suami, kesetiaan rakyat kepada rajanya dan kesetiaan binatang kepada tuannya.

Sumber :

· Yulian Firdaus, 2003, The True Love of Bangsacara and Ragapadmi . Internet, Februari 2004.

· Imron, D. Zawawi. 1980. Bangsacara-Ragapadmi: kisah cinta dari Madura. Jakarta: Katharina Utama

· Hadisutjipto, S.Z. 1982. Bangsacara-Ragapadmi. Jakarta:Balai Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar